PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN PERINGATI HARI DAMKAR KE- 94


Hari ini Senin 4 Maret 2013 Pemkab Pekalongan memperingati Hari Pemadam Kebakaran ke- 94 yang sejatinya jatuh pada tanggal 1 Maret 2013 lalu. Peringatan ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di Lapangan Setda Kab. Pekalongan dengan Pembina upacara Sekretaris Daerah Kab. Pekalongan, Ir. Susiyanto, MM.
                Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kab. Pekalongan mengungkapkan apresiasinya kepada petugas pemadam kebakaran yang setia siap siaga sepanjang hari yang tak mengenal hari libur dan sigap merespon waktu tanggap darurat kebakaran dengan semboyan “pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya,” terangnya.
                Pada kesempatan tersebut Mendagri mengingatkan pentingnya peran satuan pemadam kebakaran yang sangat strategis dalam pembangunan perekonomian daerah sebagai perwujudan perlindungan bahaya kebakaran terhadap aset masyarakat, dunia usaha, Pemda dan aset nasional terhindar dari bencana dan kebakaran. “ Saya ingin mengajak Saudara mereposisi sudut pandang kita terhadap arah dan kebijakan ke depan peran institusi pemadam kebakaran bukan hanya sekedar siap siaga sebagai penjaga kota dari kebakaran tetapi juga terlibat langsung memberi rekomendasi terhadap proteksi kebakaran,” terangnya.
                Untuk meminimalisir kebakaran di daerah, Mendagri meminta kepada para Kepala Daerah melakukan peningkatan kapasitas institusi pemadam kebakaran dalam pengurangan risiko kebakaran di setiap tahapan manajemen kebakaran, baik pra, waktu kejadian, hingga pasca kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif daripada responsif. “Saya menyadari pencapaian target kinerja standar pelayanan minimal dan penurunan angka 20% pertahun titik hotspot sulit dicapai tanpa kerjasama dan kesiapan semua pihak, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” tegasnya menutup sambutan.
                                Pada peringatan hari Damkar tahun ini, Pemkab Pekalongan juga menyerahkan bantuan santunan kecelakaan pada saat bertugas kepada dua orang pemadam kebakaran. Mereka adalah Suyodo yang mengalami kecelakaan saat bertugas memadamkan api di Pasar Batang, dan Japawi yang mengalami kecelakaan mobil (terbalik) di Desa Wangandowo-Bojong saat bertugas.(Sumber:HumasKab.Pekalongan)
Lebih baru Lebih lama