Bebas Komedo Dengan Tujuh Bahan Alami

Selain jerawat, komedo kerap menjadi masalah yang sering dikeluhkan wanita. Apalagi, jika komedo meninggalkan jejak hitam pada kulit wajah.
Timbulnya komedo dapat disebabkan paparan polusi yang mengakibatkan sebum berubah menjadi hitam, dan kemudian terjadi penyumbatan. Sayangnya, penyumbatan ini sulit dihindari, terutama di area hidung.
Selain pergi ke klinik perawatan kulit, Anda sesungguhnya bisa menghilangkan komedo dengan beberapa bahan alami. Apa saja? Yuk, simak bahan alami penumpas komedo seperti dilansir laman Boldsky berikut ini.
Lemon
Lemon dapat berfungsi baik sebagai bahan pembersih. Tak hanya itu, ternyata lemon dapat digunakan sebagai scrub alami untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah. Gosok area wajah yang ditumbuhi komedo dengan menggunakan lemon. Ramuan ini dapat pula Anda campurkan dengan bahan lain, seperti madu, gula, dan putih telur.

Madu

Jika tak ingin mengombinasikan madu dengan perasan lemon sebagai cara untuk menghilangkan komedo, Anda juga dapat mengatasi komedo hanya dengan madu. Cukup oleskan madu asli pada hidung atau bagian wajah lain yang berkomedo. Pijat perlahan. Jika dilakukan rutin, dapat menyingkirkan pori-pori tersumbat. Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri.

Ketumbar
Anda dapat menggunakan ramuan ketumbar, bubuk kunyit serta beberapa tetes susu dan madu untuk membersihkan komedo. Kemudian, oleskan ramuan tersebut pada bagian yang ditumbuhi komedo.

Baking soda
Ini merupakan salah satu bahan dapur yang juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Namun, baking soda ternyata juga bisa menyingkirkan komedo.

Pisang
Untuk menyingkirkan komedo, Anda bisa menggunakan pisang yang telah ditumbuk hingga halus. Setelah itu, oleskan pada wajah dan gosokkan dengan lembut. Cara ini dilakukan untuk mengusir komedo dan mencegahnya datang kembali.

Gula
Rasanya yang manis sering ditambahkan sebagai bahan pelengkap dalam makanan atau minuman. Namun, dalam dunia kecantikan, gula ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Tekstur yang sedkit kasar dari gula dapat mengelupaskan kulit secara alami.

Garam
Campurkan garam dengan perasan lemon, kemudian aplikasikan pada daerah yang memiliki komedo. Pijat selama lima menit, dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air.

Sumber : vivalife
Lebih baru Lebih lama