RAKOR IPHI CABANG SE-KABUPATEN PEKALONGAN

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) berbeda dari organisasi kebanyakan, karena IPHI berangkat dari iman yang sama dan diikat persaudaraan (ukhuwah islamiyah). Namun yang harus menjadi perhatian, apa peran IPHI dan sampai sejauh mana peran tersebut terhadap daerah, anggota dan terutama setiap ada pemberangkatan haji setiap tahunnya. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan Ir. H. Susiyanto, MM yang mewakili Bupati Pekalongan saat membuka Rapat Koordinasi IPHI Kab. Pekalongan di pendopo rumdin Bupati, Kajen (27/2/13).

            Sekda melanjutkan, keberadaan IPHI harus ada gaungnya atau lebih dikenal masyarakat secara luas karena seperti organisasi lain IPHI punya AD/ART dan program kerja. “Beberapa rencana kerja jangka pendek dan panjang harus segera disusun dan direalisasikan. Tahun 2013 ini setelah rakor yang penting adalah adanya pengurus definitif dengan pengukuhan/pelantikan sampai dengan tingkat cabang di setiap kecamatan. Kemudian mengadakan musyawarah/rapat kerja untuk menyusun program kerja”, ujarnya.

            Ditambahkan Sekda, program kerja berikutnya adalah pembentukan majelis taklim perempuan, pengajian akbar dan pembentukan sekretariat IPHI yang rencananya akan berkantor di belakang Masjid Al-Muhtarom Kajen. “Selain itu, juga membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) IPHI Kab. Pekalongan. KTA ini akan membantu anggota dalam pelaksanaan haji, karena adat disini orang yang akan naik haji melebihi orang yang punya gawe/hajatan. Jadi diharapkan ada peran IPHI dalam setiap pelaksanaan atau pemberangkatan haji”.

            Sementara Wakil Sekretaris IPHI Kab. Pekalongan H. Sumanto menyampaikan beberapa hasil keputusan rakor antara lain pelantikan IPHI Cabang diselenggarakan secara kolektif di Kab. Pekalongan pada bulan Maret 2013. Sebelum pelantikan akan didahului oleh penyempurnaan kepengurusan cabang paling lambat tanggal 5 Maret 2013. “Kemudian penggandaan stempel, AD/ART, pin akan diserahkan saat pelantikan pengurus cabang. Selanjutnya akan diadakan musyawarah kerja yang waktunya nanti menyusul”, terangnya. (Sumber : Situs Resmi Pemkab Pekalongan )
Lebih baru Lebih lama