Pasar Genuk Semarang Dilalap Si Jago Merah

Semarang - Kebakaran besar terjadi di kawasan pasar Genuk Semarang. Api yang berkobar lebih dari empat jam tersebut menghanguskan ratusan kios pedagang.

Menurut warga yang tinggal di samping pasar, Romadhon (40) peristiwa terjadi Jumat (1/3) dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu dari rumahnya terlihat api yang berkobar di tengah pasar.

"Saya lihat dari jendela lantai dua rumah saya ada api dari tengah pasar. Di los dua atau los tiga," katanya di lokasi, Jl Genuksari Semarang, Jumat (1/3/2013).

Pemilik kios dan warga yang berada di lokasi kejadian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Pemberitahuan pun dilakukan dengan memanfaatkan pengeras suara masjid.

"Saya berkali-kali menghubungi pemadam kebakaran tapi tulalit terus. Saya telepon PLN dulu untuk memadamkan listrik di sekitar sini," tandasnya.

Meski sudah berusaha dipadamkan, api justru bertambah besar karena saat kejadian angin bertiup cukup kencang. Sekitar pukul 02.00 WIB pemadam kebakaran baru tiba di lokasi, saat itu kondisi api sudah menghanguskan separuh pasar.

"Api cepat sekali membesar. Soalnya bersamaan dengan angin besar. Jam 03.00 angin sudah berhenti dan api mulai padam," ujarnya.

Sementara itu salah satu pemilik kios yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sempat terdengar ledakan berkali-kali dari dalam pasar. Kemungkinan berasal dari tabung gas yang meledak.

"Saya sampai sini jam 01.30. Tahu dari pengumuman masjid. Di sini saya dengar ledakan berkali-kali," katanya.

Ia menambahkan, sebenarnya sudah disiapkan pasar tidak jauh dari lokasi pasar genuk. Meski demikian ia belum berpikir untuk pindah ke sana.

"Sudah ada pasar Banjardowo enggak jauh dari sini. Baru sebagian yang digunakan, tapi saya belum tahu mau ke sana atau tidak," paparnya.

Setidaknya sepuluh mobil pemadam kebakaran dikerahkan dalam peristiwa tersebut. Diperkirakan kios yang terbakar mencapai 200 kios lebih. Hingga pukul 06.30 api masih menyala di sudut-sudut pasar dan petugas pemadam berusaha memadamkannya.

Kepala Kantor Kecamatan Genuk, Sumarjo menambahkan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. "Belum bisa dipastikan, tapi kemungkinan mencapai ratusan juta rupiah," kata Sumarjo.

Saat ini para pemikik kios berusaha mencari sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan. Sementara pembeli yang tadinya ingin berbelanja justru berkerumun di lokasi kebakaran. Sementara itu petugas pemadam masih mencari api yang masih menyala.(Sumber : Detik.com)
Lebih baru Lebih lama