Bupati Serahkan Buku “ Beauty of Kabupaten Pekalongan” Saat Penerimaan KKN Undip

KAJEN – Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. M.Si menerima sebanyak 431 mahasiswa Universitas Diponegoro,di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pekalongan,Selasa (10/01).
 
 
 Para mahasiswa direncanakan akan mengabdikan diri di 4 wilayah Kecamatan, yaitu Kec. Sragi, Kec. Wiradesa, Kec. Siwalan, dan Kec. Tirto, dimana akan ada 9 sampai dengan 11 desa di tiap kecamatan yang akan dijadikan lokasi KKN. Mereka direncanakan akan diterjunkan selama ± 42 hari terhitung sejak 9 Januari hingga 21 Februari 2017 mendatang.
 
Kepala Pusat Pelayanan KKN UNDIP, Dr. Ir. Edi Prasetyo, M.S dalam sambutannya mengungkapkan bahwa orientasi KKN saat ini tidak seperti KKN zaman dulu yang cenderung kepada teknis, namun sekarang paradigmanya lebih kepada pembelajaran pemberdayaan masyarakat sebagai bekal saat mahasiswa terjun dimasyarakat setelah lulus kuliah atau saat mereka nanti bekerja.
 
 
“ Akan ada lebih kurang 108 mahasiswa yang akan ditempatkan di tiap desa yang dijadikan wilayah KKN yang berasal minimal dari 3 fakultas, dimana hal ini sesuai dengan Peraturan Rektor No. 5 Tahun 2013,” tegasnya
 
 
Ditambahkan Edi Prasetyo bahwa program KKN yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan diantaranya adalah program multi disiplin yaitu analisis tentang UMKM di lokasi KKN, serta pengembangan pemukiman khususnya di wilayah Kec. Tirto dan Kec. Wiradesa, dan Posdaya, serta program yang sesuai disiplin ilmu atau kompetensi masing-masing  yang harus dilaksanakan setiap peserta KKN. Tak lupa Edi Prasetyo berpesan kepada para peserta KKN agar menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang ada di masyarakat, serta dapat menjadi contoh atau inspirasi bagi masyarakat,
 
 
 “ Bawa nama baik almamater kita UNDIP, dan jadilah contoh bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan,” ujarnya menutup sambutan.
 
 
Sementara itu, Bupati Pekalongan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada UNDIP atas kepercayaannya menjadikan Kab. Pekalongan sebagai lokasi KKN.Tak ketinggalan, Bupati juga menyampaikan promosi potensi “Beauty of Kabupaten Pekalongan” yaitu ( B = Batik, E = Ecotourism, A = Agriculture, U = UniqueCulture, T = Tourism, Y = Your Best Investment ) yang saat ini tengah digalakan dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati juga mengingatkan bahwa 4 wilayah di pesisir Kab. Pekalongan yang dijadikan lokasi KKN memiliki karakteristik masyarakat yang berbeda dengan daerah lainnya, sehingga mahasiswa harus dapat menyesuaikan diri. 
 
 
Pada kesempatan tersebut Bupati Pekalongan juga menyerahkan buku potensi Kab. Pekalongan yang bertajuk “ Beauty of Kabupaten Pekalongan” kepada Kepala Pusat Pelayanan KKN UNDIP serta secara simbolis memakaikan jaket KKN kepada dua perwakilan mahasiswa peserta KKN.
Lebih baru Lebih lama