Situs Watubahan Lemahabang Terbentuk Sejak 2 Juta Tahun Yang Lalu

KAJEN - Desa Lemahabang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, menyimpan situs-situs sejarah paling tua di Pulau Jawa, berdasarkan hasil penelitian Badan Penelitian Arkeologi Nasional. Sehingga lokasi tersebut sekarang ini dikembangkan menjadi kawasan pendidikan dan wisata.
Hal itu Minggu kemarin (3/12) dipaparkan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH. M.Si pada kesempatan membuka kegiatan Apresiasi dan Kreatifitas Seni Budaya dan Promosi Wisata Kecamatan Doro di Obyek Wisata Watubahan Desa Lemahabang. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk promosi pariwisata potensi desa.
Disebutkan bupati, Lemahabang berdasarkan hasil penelitian yang sudah disampaikan Badan Penelitian Arkeologi Nasional, memiliki potensi yang luar biasa seperti bangunan candi, columnar joint atau batu tegak Watu Bahan, yang terbentuk sejak 2 juta tahun silam.
"Sehingga Lemahabang sekarang ini akan dijadikan sebagai tempat pendidikan dan pariwisata nasional, maupun internasional, namun sebelumnya pemerintah akan melakukan penataan lokasi agar lebih baik, melalui pihak desa," kata bupati.
Asip pada kesempatan itu mengajak pihak DPRD untuk bersama-sama dalam pembangunan jalan Desa Lemahabang menuju Watu Bahan, karena sekarang ini kondisi masih kurang bagus, sehingga butuh segera diperbaiki.
Karena dengan potensi situs arkeologi dan geologi, Lemahabang, akan menjadi tempat pendidikan dan kunjungan wisata dalam maupun luar negeri. Sekarang ini setiap akhir pekan, sudah banyak masyarakat daerah sekitar yang berkunjung, untuk menyaksikan potensi keajaiban alam di Watu Bahan.
"Ini juga akan menjadi tempat wisata konservasi alam, sehingga saya akan mendesain tanah untuk rekreasi umum dan khusus, serta akan dilakukan kerjasama dengan ahli, fungsi riset potensi, ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya. paling penting fungsi pemberdayaan ekonomi masyarakat," ungkap Asip.
Selain sarana jalan, untuk mendukung pariwisata, jaringan komunikasi dan listrik diharapkan dapat memberikan dukungan di area wisata. Sebab, columnar join setara dengan yang sudah ada di luar negeri, seperti Inggris, Colorado dan Amerika, serta Gunung Padang.
Bahkan hasil bentukan erupsi gunung Rogo Jembangan 2 juta tahun silam itu, menurut peneliti, lebih besar dari columnar join Gunung Padang. Selain situs Watu Bahan , juga ada situs Lemah Abang, yang merupakan bangunan candi yang dibangun diatas struktur bangunan lebih tua, serta belum ditemukan di Pulau Jawa dan paling tua.
Lebih baru Lebih lama