Rileks Saat Bekerja

Pekerjaan yang menumpuk dan seolah-olah tidak ada habisnya seringkali membuat kita merasa tertekan secara emosional. Rasa tertekan inilah yang nantinya akan membawa kita pada kondisi stress saat bekerja. Kondisi stress saat bekerja ini, selain dapat mempengaruhi mental kita, juga dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang kita kerjakan.

Selain mempengaruhi kualitas pekerjaan yang kita kerjakan, stress juga akan membuat kita menjadi tidak profesional dalam pekerjaan. Pasalnya, ketika mengalami stress, kita akan menjadi lebih mudah untuk kehilangan fokus, akibatnya pekerjaan kita menjadi terbengkalai.

Nah, agar kamu lebih rileks dalam melakukan semua pekerjaan kamu dan terbebas dari rasa terbebani pekerjaan yang tak kunjung menemukan akhirnya, yuk gunakan tips yang sudah kami rangkum dari laman greatist.com, berikut ini!
  • Susunlah Agenda Kerja

    Agar tak terbebani dengan pekerjaan yang menggunung dan menjadi stress pada akhirnya, segeralah susun agenda pekerjaan yang akan kita kerjakan. Sebab, mengerjakan sesuatu secara sembarangan akan membuat pekerjaan kita tidak terorganisir. Kita akan menjadi lebih mudah lupa, mana pekerjaan yang belum terselesaikan, dan mana yang sudah. Akibatnya, kita menjadi tidak aware dengan tanggungan kerja yang harus kita selesaikan. Dan, ketika sudah menumpuk, barulah stress hadir belakangan. Duh, berabe!
  • Meditasi Singkat

    Tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan di meja kerja memang sangat efektif membuat mood menjadi down dan secara instan membuat kamu menjadi stress. Tapi, jangan khawatir. Sebab, kamu bisa dengan segera mengusir beban kerja ini dengan melakukan meditasi singkat. Tak perlu melakukan gerakan meditasi yang terlalu fancy, tarik saja nafas dalam-dalam. Trik ini akan dengan mudah membuat fokus Anda kembali lagi dan terhindar dari stress akibat beban kerja.
  • Dengarkan Musik

    Jika mengambil nafas dalam-dalam tidak cukup membantu kamu untuk mengusir stress akibat beban pekerjaan yang menumpuk, cobalah mendengarkan musik yang upbeat untuk memacu semangat bekerjamu. Tapi, sebaiknya kamu menghindari  musik-musik yang terlalu slow dan mendayu-dayu, sebab--dalam beberapa kejadian--musik yang terlalu mendayu-dayu justru akan membuat kamu jadi mudah ngantuk dan tidak bersemangat.
  • Makan Teratur dan Seimbang

    Jangan sekali-kali berpikir untuk melewatkan jam makan karena kesibukan. Kondisi perut yang lapar justru akan membuat kamu lebih tertekan daripada saat perut kenyang. So, sebisa mungkin jagalah asupan gizi yang kamu konsumsi serta atur pola makan dengan teratur.
  • Istirahat Cukup

    Beban pekerjaan yang menumpuk bukan berarti harus membuat kamu melupakan waktu istirahat yang cukup. Sebab, semakin kamu menekan dirimu untuk tetap bekerja mengejar deadline pekerjaan, semakin stress lah kamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu mendapatkan istirahat cukup.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa stress yang datang karena beban pekerjaan yang menumpuk. Semoga bermanfaat!
(Sumber:Vemale.com)
Lebih baru Lebih lama