Bangun Kerjasama Dengan UI,Pemkab Pekalongan Tandatangani MoU

KAJEN - Dalam rangka meningkatkan kapasitas berbagai bidang, Pemerintah Kabupaten Pekalongan  membangun  kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI). Kerjasama ini diawali dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (mou) yang dilaksanakan Pemkab dengan UI di Bogor baru baru ini.(29/11)
 
Menurut Wakil Bupati Pekalongan Ir.Arini Harimurti menyampaikan bahwa  salah satu bentuk  upaya mengembangkan kapasitas diberbagai bidang perlu membangun komitmen dengan Perguruan Tinggi.

"Kita dalam bekerja tidak bisa sendiri sehingga seluruh potensi yang ada harus kita rangkul, diantaranya dengan Perguruan Tinggi"terang Ibu Wakil Bupati.

Karena Perguruan Tinggi adalah tempatnya para ahli dan  selalu update dalam hal teknis. Sehingga kondisi ini  sangat diperlukaan  untuk melengkapi dalam kita bekerja membangun kab. Pekalongan.

Sementara itu Sekretaris Bappeda dan Litbang,  Yulian Akbar menyampaikan bahwa Memorandum Of Understanding (mou) yang dilaksanakan Pemkab dengan UI ini, adalah salah satu bentuk dalam upaya untuk mengembangkan kapasitas di berbagai bidang, terutama yang terkait dengan pengembangan karya Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
 
Ada beberapa hal yang perlu di flow up antara lain dibidang kesehatan, pendampingan pembangunan RS, penerapan sistem kesehatan yang lebih baik. Dengan demikian  diharapkan akan berkembang lebih lanjut.

Yulian Akbar menambahkan setelah mou akan dilaksanakan workshop pengembangan penelitian dan kerjasama dengan perguruan tinggi oleh Bappeda dan Litbang  di Bapedda.

Hal ini juga dalam rangka follow up kerjasama dengan perguruan tinggi yang selama ini sudah ada yaitu dg UI, IPB, UNDIP, Unsoed, dan ITB dengan membahas langkah teknis strategi terkait  dengan mou yang sudah ditandatangani.

Menurut Akbar,  Perguruan tinggi memiliki hasil-hasil penelitian yang bisa diterapkan.
Pemkab sudah mendorong perguruan tinggi untuk membuat wilayah binaan di Kab. Pekalongan, sesuai dengan tematik kebutuhan di Kab.Pekalongan.  Hal ini sudah dicontohkan yang sudah ada seperti UGM di Petungkriyono,IPB di Paninggaran.

Pemerintah Kabupaten akan mendorong universitas lain untuk mengembangkan konsep wilayah binaan di Kabupaten Pekalongan.
 
Selanjutnya Ia jelaskan bahwa Perguruan tinggi dengan segala pusat  penelitian dan inovasi diharapkan bisa diterapkan di Kabupaten Pekalongan.
 
Produk yang memiliki inovasi maupun sistem aplikasi  bisa diterapkan di Kabupaten Pekalongan sehingga bermuara bisa mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Pekalongan.
Lebih baru Lebih lama